--> Skip to main content

Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang

Channel Youtube

BLOG 1000 CARA || Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang - Percaya nggak kalau video youtube bisa menghasilkan uang 15 juta? ini fakta. Ini saya alami sendiri setelah saya membuat channel youtube pada tahun 2017 lalu. Memang sih, tidak serta merta setelah membuat channel langsung menghasilkan uang tapi butuh proses panjang.

Setelah 2 tahun barulah pada Januari 2019, saya bisa menikmati penghasilan pertama saya dari Youtube sebesar Rp.1.350.000.

Penghasilan pertama Ini membuat saya semakin termotivasi untuk lebih serius membuat video dan mengunggahnya ke youtube. Belajar sambil menghasilkan uang sampai pada akhirnya saya bisa memiliki 3 channel Youtube yang sudah menghasilkan uang.

Cara Membuat Channel YouTube yang Menghasilkan uang.

Buat Anda yang ingin menghasilkan uang dari Youtube, Silahkan simak cara #14 dari blog 1000 cara tentang cara membuat channel youtube yang menghasilkan uang. Berikut info lengkapnya! 

1.Buat channel setopik

Buat channel yang topiknya khusus bukan campur aduk agar lebih mudah mendapatkan subscriber tertarget contoh channel Kios Komputer yang khusus membahas komputer. Sesuaikan dengan bakat dan minat agar nantinya anda semanga saat membuat video. Lebih bagus lagi kalau berdasarkan keahlian misal ahli komputer channelnya membahas merakit komputer atau ahli reparasi kompor gas membahas perbaikan kompor gas dan lain-lain.

Lebih bagus lagi kalau sebelum memutuskan nama channel dan topiknya Anda riset terlebih dahulu kata kuncinya. Kalau memang kata kunci target banyak pencariannya baru pilih sebagai nama channel dan topik video nantinya. Contoh kata kunci yang pencariannya tinggi : Mancing ikan, Burung Lovebird, Jajanan Pasar.

Gunakan kata kunci tersebut untuk nama channel dan judul video.

Baca Juga : Cara membuat jaringan hotspot untuk bisnis 

2.Buat video pilar

Buatlah sebuah video yang bisa mendatangkan banyak pengunjung dan subscriber sehingga cepat memenuhi syarat monetisasi 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Jenis video yang paling potensial adalah jenis tutorial. Misalnya jika topiknya masakan videonya isinya resep masakan contoh lain misalnya topiknya komputer bisa membuat tutorial mengatasi komputer mati sendiri.

Buat video dengan durasi yang panjang sekitar 10 menit- 15 menit maksimalkan optimasinya seperti kata kunci pada judul dan deskripsi, tags, hastags, thumbnail. Jika video ini berhasil direkomendasikan youtube dipencariannya maka cukup dengan 50.000 tayangan saja sudah bisa tembus 4000 jam tayang dengan 1 video.

Perlu kejelian dalam membuat video pilar ini dan yang paling efektif adalah dengan riset kata kunci dengan tools SEO. Ada kok tools gratisan! Contohnya Ubbersuggest. Dengan riset ini Anda akan lebih mudah kata kunci apa yang sering dicari pengunjung internet.

Bagaimana kalau tidak riset terlebih dahulu? Untung-untungan. Bisa saja banyak pengunjungnya begitu sebaliknya.

3.Buat Video Pendukung

Meskipun dengan 1 video saja bisa mendatangkan pengunjung yang banyak sehingga bisa memenuhi syarat monetisasi namun kalau 1 channel isinya cuma 1 video rasanya cukup sulit karena mesin youtube akan menilai channel tersebut kurang aktif sehingga peluang mendapatkan rekomendasi dari youtube cukup berat.

Itulah mengapa perlu mengunggah video pendukung atau yang berhubungan dengan kata kunci utama semakin banyak tentu semakin bagus namun dengan 5 video saja bisa menembus syarat 4000 jam. Meksi sudah tembus 4000 jam tapi kalau subscribenya belum 1000 tetap harus mencari subscribe sehingga diperlukan video-video lain untuk menarik minta penonton untuk subscribe.

4. Rajin promosi

Mendapatkan jam tayang mungkin bisa diraih dengan 1 video namun untuk subscribe perlu jumlah penayangan yang tinggi, dari pengalaman saya 100 ribu penayangan bisa mendapatkan 1000 subscriber.

Jika memang jumlah subscriber agak lambat tembusnya maka perlu rajin promosi channel melaui media sosial atau blog. Sering-seringlah berinteraksi digrup yang sesuai dengan topik channel sambil membagikan URL channel.

Ada cara yang cukup efektif menambah subsbriber dengan cara mengupload video Shorts atau video dengan durasi kurang dari 1 menit.

5. Daftarkan ke YPP

Jika channel sudah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, langkah penting selanjutnya adalah mendaftarkan channel ke YPP (Youtube Partner Program). Caranya gampang tinggal buka creator studio lalu pada bagian monetisasi klik Daftar. Pada tahap ini Anda akan diarahkan ke akun Adsense, jika belum maka harus membuat terlebih dahulu.

Setelah channel di daftarkan maka tinggal menunggu review dari youtube. Berdasarkan pengalaman saya tidak butuh waktu lama untuk mengetahui hasilnya, cuma  sehari.

Dengan cara diatas, saya cuma butuh waktu kurang dari 2 bulan untuk bisa menghasilkan uang dari sebuah channel baru. Bisa jadi ini sebuah kebetulan namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Demikianlah informasi seputar cara membuat Channel Youtube yang menghasilkan uang, Selamat Mencoba! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar