--> Skip to main content

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Penonton Youtube

Penonton youtube


BLOG 1000 CARA - Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Penonton Youtube -  Banyak Penonton video Youtube sama dengan uang? Kamu pasti setuju dengan ungkapan ini. Sayangnya mendapatkan penonton itu tidak semudah membalikkan tangan apalagi untuk youtuber pemula. Wajar, jika kemudian tutorial cara agar viewer youtube banyak menjadi informasi yang sering dicari di internet.

Kenapa penonton = uang? Sebuah channel youtube jika jumlah subscribernya mencapai 1000 dan jam tayangnya tembus 4000 jam maka channel tersebut bisa mendaftar ke YPP dan jika Disetujui bisa menghasilkan uang dari iklan atau yang lainnya. Sebagai gambaran jika sebuah video di tonton 1000 orang akan menghasilkan uang sekitar Rp.7500. 

Bayangkan Jika videonya ditonton 1 juta orang? Gurih tenan!

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Penonton Youtube

Nah... buat kamu yang ingin channelnya banjir penonton, pada cara #15 blog 1000 cara artikel sharing tutorial yang berkaitan dengan hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi selama 6 tahun menjadi kreator video Youtube. Simak sampai tuntas!

1.Lakukan riset kata kunci

Langkah ini paling berpengaruh terhadap jumlah penonton karena umumnya netizen akan mencari informasi yang dibutuhkan di youtube dengan terlebih dahulu mengetikkan kata kunci tertentu. Semakin banyak penonton yang mencari sebuah kata kunci tersebut maka peluang mendapatkan penonton akan semakin besar.

Misalnya tutorial seputar cara membuat bakso banyak yang mencari, tentunya jika kamu membuat video seputar cara membuat bakso akan berpeluang mendapatkan banyak penonton.

Bidik kata kunci 4 kata (long tail keyword) misal resep kue tradisional kukus, pencarian bulanannya lumayan tinggi 1900. 

Dari mana tahu jumlah pencarian bulanannya tinggi? Disinilah kamu membutuhkan tools SEO sebagai contoh saya menggunakan tools Keyword Everywhere. Kamu bebas menggunakan Tools apa saja yang penting tujuannya untuk mengetahui volume pencarian bulannnya. Kalau mau yang gratisan bisa pakai Ubersuggest

Perhatikan juga tingkat persaingannya, pilih yang persaingannya rendah dan nilai CPC nya bagus.

Baca Juga : Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang 

2. Buat Video Tutorial

Kenapa harus memilih video tutorial? Karena video semacam ini sering dicari penonton Youtube Jadi saya sarankan untuk mencari kata kunci yang bisa dibuat sebuah video tutorial. Kelebihan dari video tutorial ini nantinya kalau video kamu sudah direkomendasikan youtube maka trafik akan mengalir terus menerus.

Berbeda jika kamu membuat vidio yang bersifat musiman misalnya video viral, mungkin seminggu bisa ramai pengunjungnya tapi setelah itu akan sepi penonton. Sebenarnya ada juga jenis video yang  bukan tutorial tapi bisa mendatangkan pengunjung contohnya video kuliner, jalan-jalan namun kamu harus rajin mengupload video dan videonya harus benar-benar menarik.

Berbeda dengan video tutorial, meskipun videonya sederhana tanpa editing namun kalau memang video tersebut bisa menyelesaikan masalah, video tersebut bisa saja banyak yang menonton contohnya video saya seputar resep martabak telah ditonton 400 ribu kali.

Buat video tutorial dengan durasi yang panjang atau lebih dari 10 menit namun sebaiknya jangan lebih dari 15 menit. Biasanya kalau penonton akan menonton video sampai tuntas karena video tutorial salah dipahami kalau videonya di skip-skip.

Inilah yang menjadi kelebihannya karena bisa menyumbang jam tayang yang banyak dan video yang durasinya lebih dari 10 menit akan menampilkan iklan yang banyak kalau videonya sudah menayangkan iklan.

3. Lakukan Optimasi Video

Setelah menemukan kata kunci potensial lalu membuat videonya langkah berikutnya yang cukup penting adalah melakukan optimasi video semaksimal mungkin agar nantinya video tersebut mendapatkan rekomendasi dari mesin youtube

Berikut adalah beberapa opitmasi video yang biasa saya lakukan :

A.Menentukan Judul

Wajib menambahkan kata kunci pada judul dan idealnya peletakkan kata kunci ada diawal kalimat contohnya kata kuncinya resep membuat bakso, maka saya akan membuat judul sepeti ini, Resep membuat bakso paling mudah. Buat judul semenarik mungkin  yang membuat penonton ingin mengunjungi video (Clickbait) karena pertama kali penonton akan membaca judulnya terlebih dahulu seperti ditambahkan kata : rahasia, murah, mudah, terbongkar dan lain-lain.

Berhubung kebanyakan penonton mengakses youtube dari HP maka perlu memaksimalkan jumlah karakter pada judul, usahakan tidak lebih dari 65 karakter karena jika lebih dari itu maka akan terpotong saat video masuk rekomendasi youtube.

Perhatikan contoh judul dibawah ini:

Resep Batagor ikan Tengiri

Resep Batagor ikan enak sekali

Resep Batagor Ikan Cuma 3 Bahan

Dari ke-3 judul diatas mana yang menurut kamu paling menarik? Menurut saya nomor 3 karena umumnya orang kalau mau membuat masakan memilih resep yang irit bahan.

B. Mengisi Deskripsi video

Seringkali youtube mengabaikan mengisi deskripsi video padahal ini merupakan bagian dari optimasi video yang akan memudahkan mesin youtube merayapi video kamu dan merekomendasikan ke penonton yang tepat.

Buat deskripsi video sebanyak mungkin kalau bisa sampai batas terakhir yaitu maksimal 5000 karakter  atau kalau tak mau repot 100 kata atau 650 karakter saja sudah cukup namun tidak hanya panjang saja namun selipkan kata kunci utama pada bagian awal, tengah dan akhir.

Sebaiknya pengisian deskripsi hanya memberi ringkasan atau informasi tambahan dari video bukan menjelaskan sama persis dengan yang divideo, yang ada nantinya penonton cuma membaca deskripsi ketimbang videonya.

Selipkan juga link video lain yang berhubungan dengan video sehingga berpotensi menambah viewer. Untuk melengkapi optimasi silahkan tambahkan hastag dengan kata kunci misalnya #resepbatagor atau #resepbatagorikan.

C.Mengisi Tags Video

Youtube dialgoritma terbaru tidak mempertimbangkan tags namun tidak ada salahnya ditambahkan tags untuk mempermudah mesin youtube merayapi video. Buktinya salah satu Tools SEO youtube masih mempertimbangkan tags agarskor optimasinya mencapi 100. Isi tags Video dengan kata kunci utama dan kata kunci pendukung. Usahakan mengisi tag ini dengan kata kunci yang pencariananya tinggi.

Contoh jika kamu membidik kata kunci Ondel-Ondel maka kamu bisa mengisi tag video dengan : Ondel, Ondel Ondel, Ondel Ondel Betawi, lucu, unik, budaya, kesenian.

Kamu bisa mencari tags video sendiri tapi kamu juga bisa mengintip tags video yang dipakai channel lain. Kamu bisa mengetikkan kata kunci video kamu di youtube kemudian lihat hasil dari rekomendasi youtube. Cari beberapa video yang viewernya banyak lalu tonton videonya menggunakan browser komputer yang sudah diinstal tools keyword everywhere. Nanti akan muncul tags yang dipakai video tersebut. Silahkah ambil tags tersebut untuk video Anda sesuai kebutuhan.

Kalau kamu menggunakan tools keyword Everywhere yang premium maka setiap tags yang tampil divideo akan terlihat jumlah pencarian bulanannya. Silahkan ambil yang pencariannya tinggi saja.

D. Membuat Thumbnail Video Kustom yang Menarik

Langkah ini, saya anggap wajib!, walupun pakai thumbnail bawaan dari youtube juga tidak mengapaterbukti salah satu video saya yang pakai thumbnail bawaan bisa tembus ½ juta penonton. Jika kamu menggunakan thumbnail custom buatan sendiri maka kamu bisa menambahkan tek clickbait atau efek gambar pada thumbnailnya sehingga lebih menarik.

Tanpa Komputer pun kamu bisa membuat thumbnail video yang menarik dengan menggunakan bantuan aplikasi HP, salah satunya Pixellab. Lumayan bagus menurut saya.

Pembuatan thumbnail custom ini cukup mudah, kamu tinggal memutar file video asli di HP kemudian pilih bagian video yang akan dijadikan thumbnail lalu sreenshot. Hasilnya kemudian diedit menggunakan aplikasi Pixelllab.

Agar channel kamu bisa menggunakan thumbnail kustom maka channel kamu harus diverifikasi terlebih dahulu menggunakan nomor HP.

4. Lakukan Promosi Channel Rutin

Kamu bisa mempromosikan channel youtube dengan beberapa cara, diantaranya:

A. Bagikan link channel/video ke Media sosial

Cara ini cukup mudah, kamu tinggal membagikan channel kamu kemedia sosial seperti facebook atau twitter. Bagikan link channel secara rutin setelah mengupload video baru. Di Facebook, kamu bisa memaksimalkan promosi melalui berberapa media mulai dari akun pribadi, fans page hingga grup.

Untuk  share di grup, silahkan list grup sebanyak–banyaknya yang sesuai dengan topik channel kamu yang angotanya banyak dan bebas posting. Sebaiknya baca aturan grupnya, bergabunglah dengan grup yang memang boleh membagikan link kegrup.

Supaya anggota grup tertarik mengunjungi channel kamu, usahakan aktif berinteraksi digrup dengan like atau komentar serta membuat postingan secara rutin. Buat postingan yang bisa menyelesaikan masalah yang sering dikemukakan oleh anggota grup. 

B.Bagikan link channel/video ke blog

Cara ini bisa kamu tempuh jika memang memiliki blog, jika tidak punya bisa dilewatkan saja. Buatlah artikel yang mempromosikan channel kamu atau yang berhubungan dengan video yang kamu buat. Asyiknya lagi kamu bisa embed video kamu keartikel, jadi pembaca blog bisa menonton video dari blog.

Bidik kata kunci tertentu agar artikel tersebut bisa tampil dihalaman awal Google sehingga channel kamu juga ikut dilihat pembaca.

C. Kolaborasi dengan channel lain

Youtube menyarankan untuk berkolborasi dengan channel lain terutama yang jumlah subscribernya diatas 1000 karena bisa menampilkan link hidup dijudul maupun dideskripsi ke channel yang ditag. Cari channel yang subscribernya banyak dan aktif untuk berkolaborasi, semakin banyak semakin bagus.

D.Aktif berkomentar di channel setopik yang ramai penonton

Cara ini bisa kamu lakukan dengan harapan pengunjung-pengunjung divideo pada channel yang ramai penonton tertarik untuk melihat channel kamu. Berkomentarlah dengan komentar yang memiliki nilai lebih misalnya menambahkan apa yang kurang di video tersebut atau ikut menjawab pertanyaan yang ada di video channel tersebut.

Namun sebaiknya kamu melihat komentar terbaru yang ada divideo tersebut apakah ada yang komentar baru baru ini. Jika komentar selalu bertambah, video yang seperti ini yang paling cocok untuk dikomentari bukan yang berisi komentar yang sudah lama misalnya setahun yang lalu atau beberapa bulan yang lalu.

Penutup

Tutorial seputar Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Penonton Youtube diatas bisa kamu coba namun hasilnya bisa berbeda-beda karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar