--> Skip to main content

Cara Mudah Merintis Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis online pemula


Cara Mudah Merintis Bisnis Online untuk Pemula - Tahukah Anda apa itu bisnis online? Dari kata "online" nya sudah bisa ditebak pengertiannya. Yups...bisnis online bermakna bisnis yang media pemasarannya memanfaatkan media internet contohnya email, website, blog atau media sosial.

Karena kelebihannya, bisnis ini menjadi model bisnis masa depan yang akan terus berkembang. Asyiknya bisnis online bisa dilakukan siapa saja bahkan oleh seorang ibu rumah tangga sekalipun! Salah besar jika harus menguasai IT kalau mau berbisnis online.

Kelebihan lainnya ada pada produknya tidak harus produk fisik tapi bisa produk digital seperti website, blog, aplikasi, ebook, kursus online, video dan masih banyak lagi.

Tak heran jika semakin banyak yang tertarik terjun ke bisnis online. Bagi pemula tentunya masih bingung mau mulai dari mana dan apa yang harus dipersiapkan?

Cara Mudah Merintis Bisnis Online untuk Pemula

Nah... untuk menjawabnya pada #cara 16 blog 1000 cara akan sharing informasi seputar cara memulai bisnis online untuk pemula. Simak terus ya!

Langkah 1 : Persiapkan peralatan

Pemasarannya via online sudah barang tentu butuh peralatan untuk bisa online. Peralatan yang paling penting adalah minimal HP dan akses internet, tanpa ini bisnis akan sulit berjalan. HP fungisnyauntuk mengkases internet dan alat komunikasi antara seller dan konsumen.

Lengkapi juga komputer atau Laptop karena akan lebih leluasa mengakses internet dari pada HP.

Langkah 2 : Tentukan Jenis Bisnis

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah menentukan jenis bisnisnya dan yang paling mudah adalah jualan online atau online shop. Masih banyak jenis lainnya tidak hanya sebatas itu seperti publisher, influencer, affliasi, content creator, Kontributor. Silahkan sesuaikan dengan minat dan bakat sehingga pada saat menjalaninya bisa semangat.

Contohnya admin, karena admin hobi menulis dan editing video maka saya terjun menjadi kreator Youtube dan blogger. 

Intinya maksimalkan semua potensi diri atau pun lingkungan sekitar. Ada cerita menarik dari seorang teman, Awalnya menulis diblog seputar tanaman padi dan kebetulan juga seorang petani. Informasi seputar padi tersebut banyak yang mencari sampai akhirnya teman saya ini jualan benih padi dan laku keras.

Jika sudah menentukan jenis bisnisnya langkah selanjutnya tentu mempersiapkan produknya atau mulai membangun aset. Misalnya mau membuka toko online harus mencari produknya apa lalu supliernya dari mana atau seperti saya, jika mau menjadi content creator pertama yang harus dilakukan membuat blog atau channel youtube.

Baca juga: Cara Mudah meningkatkan jumlah penonton youtube

Langkah 3 : Mulai promosi

Jika produknya sudah siap maka langkah penting selanjutnya mempromosikan produk tersebut ke internet. Misalkan mau jualan online maka mulailah mempromosikan barangnya ke Facebook, grup WA atau ke website. Langkah ini cukup penting karena konsumen belum tahu apa produk toko Anda sehingga semakin sering promosi akan semakin dikenal.

Jika memang barangnya dibutuhkan konsumen lama kelamaan akan ada yang beli. Bagaimana jika bukan jualan online contohnya YouTube? Sama saja harus mempromosikan channel YouTube agar pengunjungnya banyak sehingga lebih cepat menghasilkan uang.

Kapan Bisnis Online Mulai Menghasilkan?

Berdasarkan pengalaman saya, toko online paling cepat menghasilkan apalagi jika produknya memang dibutuhkan orang misalnya saja makanan. Promosinya juga sederhana cukup di grup jual beli facebook yang menyasar target lokal. Namun demikian toko online juga tak lepas dari masalah seperti mendapatkan order fiktif atau harus COD sehingga harus siap tenaga untuk mengantarkan ke pemesan yang terkadang alamatnya susah dicari.

Namun tak jarang toko online yang sepi pembeli karena harganya kalah bersaing dengan toko yang bermodal besar sehingga bisa menjual dengan harga yang sangat murah.

Bagaimana dengan content creator? Kalau menurut saya untuk pemula butuh waktu yang lama sehingga cukup riskan jika langsung mengandalkan penghasilan dari sumber yang sudah saya sebutkan tadi namun kelebihannya jika sudah mulai menghasilkan bisa menjadi Pasive Income.

Bagaimana sekarang sudah jelas bukan? Lalu kapan Anda akan memulai bisnis online?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar