--> Skip to main content

Cara Mudah Jualan Online di Facebook Step by Step

Jualan di facebook


Cara Mudah Jualan Online di Facebook Step by Step – Tahukah Anda ternyata pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta?  Angka ini berdasarkan sebuah data yang disusun oleh Internetwordstats pada akhir Mei 2021. Itu data 3 tahun yang lalu, sekarang tentunya penggunanya semakin banyak.

Dibalik Data ini  muncul sebuah peluang yang bagus untuk bisnis salah satunya jualan online atau online shop.

Jualan online di Facebook semakin diminati karena memang mudah ditekuni oleh siapa saja dan tentunya potensial. Jika saat ini Anda ingin merintis online shop, memilih Facebook sebagai media marketingnya merupakan pilihan tepat.

Cara Mudah Jualan Online di Facebook

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk jualan online via facebook. Untuk pemula sebaiknya mengeluarkan modal seminimal mungkin untuk menghindari kerugian. Prinsipnya kalau ada yang gratis kenapa harus bayar.

1. Cari Pembeli

Facebook menjadi sebuah bagian penting dari digital marketing. Salah satu fundamental digital marketing adalah membangun trafik atau mengumpulkan audience yang nantinya trafik ini dikonversi menjadi penjualan.

Bangunlah atau kumpulkan trafik sebanyak-banyaknya dari akun pribadi, halaman maupun grup. Buat konten yang menarik sehingga pengguna facebook mau menjadi pengikut atau berinteraksi di konten tersebut.

Tips dalam menambah teman, membuat halaman atau grup yang potensial bisa dengan cara membuat halaman atau grup yang satu topik misalnya khusus masakan. Demikan juga kalau mau menambah teman usahakan yang tertarik dengan topik tersebut.

Baca juga: Cara Mudah merintis bisnis online untuk pemula 

2. Temukan produk yang tepat untuk dijual

Ini merupakan langkah penting yang menentukan jadi harus cermat dalam memilih produk yang tepat. Cari produk yang memang sudah laku dipasaran bukan produk yang belum pernah ada sebelumnya. Bagaimana caranya mengetahui produk tersebut laku dipasaran?

Cara yang paling mudah adalah dengan mengeceknya kesitus marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Gunakan fitur filter untuk mengetahui berapa yang sudah terjual. Semakin banyak yang terjual bisa menunjukkan kalau produk tersebut laku dipasaran. Mudah bukan?

Ingat cari produk yang permintaannya besar dan pertumbuhannya juga besar pula. Hindari memaksakan produk yang target pasarnya sedikit.

3. Cari Supplier

Langkah selanjutnya adalah mencari supplier atau pemasok produknya. Cari informasi supplier dari orang-orang terdekat dulu seperti orang tua, adik, kakak, saudara, teman, temannya teman. Jika sudah ketemu usahakan bertemu langsung dengan supplier untuk mengetehui kualitasnya.

 Tidak mengapa Anda harus menempuh perjalanan jauh yang penting produknya berkualitas. Jika memang barangnya oke untuk pasokan berikutnya bisa dilakukan by phone atau secara online. Disarankan untuk mendapatkan pasokan langsung dari produsen atau tangan pertama sehingga harganya bisa bersaing.

4. Gunakan Akun pribadi

Maksimalkan pertemanan Anda di Facebook hingga 5000 teman. Pilih teman yang sekiranya minat dengan Produk Anda contoh kalau produknya peralatan memasak cari teman ibu rumah tangga. Sering-seringlah berinteraksi dengan teman-teman Anda misalnya dengan komentar, share atau like postingan teman.

Tidak semua pengguna facebook menyukai posting jualan sehingga perlu variasi postingan, jangan posting jualan terus terutama yang sifatanya Direct selling (Terang-terangan). Lakukan strategi convert selling atau tehnik jualan terselubung.

Usahakan agar selalu aktif akunnya karena menjadi nilai lebih dimata pengguna facebook. Sebelum membeli produk biasanya pengguna mengecek terlebih dahulu profil Anda. Kalau profilnya jelas dan sering posting akan menunjukkan kalau akun facebook Anda aktif bukan akun fake.

Sering-sering memoposting pesanan yang sudah masuk atau testimoni dari pembeli produk Anda diberanda. Hal ini bertujuan agar penguna facebook mempercayai Anda sebagai penjual yang amanah.

5. Promosikan di Grup Facebook

Gabung dengan grup-grup jual beli atau komunitas yang bisa bebas jualan. Pilih grup-grup facebook yang membernya banyak dan grupnya aktif. Posting secara teratur dijam-jam tertentu yang banyak pengguna mengakses facebook.

Buat posting semenarik mungkin agar interaksinya banyak dan tidak harus selalu dalam bentuk posting jualan langsung. Sesekali selingi dengan postingan motivasi atau inspirasi. Perkuat branding Anda di Facebook dengan sering posting.

Sering-sering memposting pesanan yang sudah masuk atau testimoni dari pembeli produk Anda. Hal ini bertujuan agar pengguna facebook mempercayai Anda sebagai penjual yang amanah.

Penutup

Banyak metode jualan online diinternet namun dengan menguasai Cara Mudah Jualan online di Facebook diatas Anda bisa mengemat biaya promosi atau lainnya yang butuh modal besar. #CARA18

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar