--> Skip to main content

6 Cara Mengatasi Toko Sembako Sepi Pembeli


6 Cara Mengatasi toko sembako sepi pembeli – Punya toko sembako tapi sepi pembeli, rasanya nyesek bukan? Modal sudah keluar banyak tapi hasilnya belum sesuai harapan. Apalagi kalau modalnya hasil pinjaman bank. Pusing mikirin setoran! 

Kondisi semacam ini tentu tak bisa dibiarkan harus ada strategi jitu agar toko sembako bisa ramai pembeli. Tapi bagaimana caranya? 

Pada Cara #11 blog ini akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi selama menekuni bisnis sembako.

Cara mengatasi toko sembako sepi pembeli 

Berikut solusi yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan pembeli ketoko Anda. Simak sampai tuntas ya!

1. Perpanjang Jam Buka.

Jika selama ini toko Anda bukanya 12 jam, usahakan ditambah lagi 2 atau 4 jam caranya dengan membuka toko lebih awal dari biasanya atau tutup lebih lama. Pertimbangannya biasanya ibu-ibu rumah tangga belanja untuk kebutuhan sehari hari dipagi hari seperti sarapan atau cuci baju.

Begitu juga jam tutupnya sebaiknya diperpanjang jika biasanya tutup jam 9 malam coba anda tambah satu atau dua jam bisa juga lebih. Pertimbangannya untuk mengakomodasi konsumen yang beraktivitas malam seperti karyawan yang pulang malam.

Contohlah warung Madura yang bukanya 24 jam!

2. Perbanyak barang cepat laku.

Daya tarik sebuah toko sembako salah satunya dari kelengkapan barangnya. Semakin banyak barangnya maka akan semakin menarik. Perbanyaklah item barang meskipun stoknya sedikit yang penting kalau ada yang beli tersedia.

Namun jangan asal memperbanyak barang, pilih barang-barang yang lakunya cepat. Prioritaskan memilih barang-barang dari produsen ternama agar lebih mudah diterima konsumen.

Baca juga: 10 Cara Menentukan Harga Jual Toko Sembako 

3. Kenali Jam Ramai Pembeli.

Saat toko sembako sepi, kedatangan pembeli sangatlah berarti meskipun hanya satu atau dua orang itulah mengapa jangan sampai ketika sudah ada yang datang namun tidak jadi beli dengan berbagai sebab.

Anda harus hafal waktu-waktu biasanya orang belanja atau jam Ramai pembeli ke toko sembako. Dengan mengetahui hal tersebut setidaknya Anda sudah siap melayani pembeli baik dari segi kecepatan dalam melayani atau mempersiapkan uang kembalian.

Kecepatan pelayanan pelayanan saat pembeli datang bersamaan sangat diperlukan. Sebaiknya memang mendahulukan yang pertama datang namun jika memungkinkan anda bisa sambil melayani pembeli yang lain jika memang belinya satu atau dua barang saja (Nyempil).

Jika hanya fokus kesatu orang dikhawatirkan jika pembeli tersebut belinya banyak atau butuh proses pembeli yang lain tidak sabar kemudian pergi. Hindari berlama-lama ngobrol dengan pembeli.

4. Maksimalkan stok barang

Mengingat begitu berharganya pembeli ke toko sembako anda, selalu jaga stok barang toko anda jangan sampai habis terutama untuk barang cepat laku, sebaiknya  jika memang cepat laku ada baiknya perbanyak stoknya misalnya tadinya 1 lusin jadi 2 lusin dan seterusnya.

Tujuannya saat ada yang mencari tidak sampai habis. Jika hal ini terjadi kemudian pembeli tidak jadi beli hal itu merupakan sebuah kerugian yang besar karena pembeli sudah niat membeli tapi tak jadi beli.

5. Sediakan Barang Unik

Disaat tertentu terkadang pembeli mencari barang yang jarang dicari namun pada saat tertentu sangat dibutuhkan atau barang unik contohnya arang untuk membakar sate, Payung, Jas hujan, lem korea, isolatif dan lain-lain.

Sediakan barang-barang tersebut dan Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak karena tujuannya semata-mata untuk memancing pembeli datang ke toko anda. Pajang sedemikian rupa agar barang unik tersebut terlihat oleh pembeli.

6. Mencari usaha sampingan

Untuk menambah penghasilan selain dari bisnis toko sembako, anda bisa mencari usaha sampingan namun sebaiknya usaha sampingan tersebut tidak mengganggu kelangsungan bisnis toko sembako atau bisa dilakukan disela-sela mengurus toko sembako

Salah satu contohnya terjun menjadi kreator konten youtube, affiliate atau toko online. Banyak juga loh toko sembako yang punya channel youtube dan nyatanya ramai pengunjung sehingga bisa dapat penghasilan dari Adsense.

Penutup

Dengan melakukan 6 Cara mengatasi toko sembako Sepi pembeli diatas semoga toko Anda menjadi ramai pembeli. Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar