--> Skip to main content

Cara Menghasilkan Foto Keren Hasil Jepretan Kamera Pocket

Membahas Cara-Cara Menghasilkan Foto Keren HasilJepretan Kamera Pocket-Saat ini teknologi fotografi semakin maju dan berkembang salah satu buktinya yaitu dengan beragamnya desain serta ukuran,Jika kita tengok beberapa tahun kebelakang pilhan kamera hanya ada dua kalau nggak kamera saku/pocket yang ukurannya lebih besar dari pada sekarang yang lainnya kamera DSLR yang identik dengan ukurannya yang besar.Namun sekarang pilihannya semakin banyak ada kamera ponsel,kamera pocket,kamera compact canggih,kamera mirrorless,Kamera DSLR.

Meskipun kamera memiliki fungsi yang sama yaitu membuat gambar/foto namun masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.Misalnya saja Kamera DSLR kualitas foto yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi karena kinerjanya yang cepat namun harganya yang cukup mahal sehingga kurang diminatai oleh orang awam.Bagi pencinta fotografi atau yang sekedar menyimpan dokumentasi tentu lebih memilih kamera dengan harga yang terjangkau salah satunya kamera pocket bagaimana tidak dengan dana sekitar 1 juta saja sudah bisa membawa pulang kamera pocket meskipun saat ini smartphone ada yang dibekali dengan kamera dengan fitur yang tak kalah dengan kamera pocket namun harganya yang cukup mahal membuat kamera pocket masih ada peminatnya.

Jika saat ini anda memiliki kamera pocket jangan berkecil hati karena meskipun fiturnya kalah dengan kamera DSLR namun dengan menggunakan tehnik memotret yang tepat akan menghasilkan foto yang lumayan bagus meskipun sebenarnya tehniknya sederhana salah satunya dengan memanfaatkan cahaya matahari atau intensitas cahaya.Anda penasaran bagaimana sih cara menghasilkan foto keren hanya dengan kamera pocket yang memanfaatkan intensitas cahaya? Simak penjelasan berikut ini yang saya kutip dari blog electricisart.

Memotret kamera pocket

1.Cahaya sangat terang(Matahari siang hari,Matahari Pantai)
Dalam kondisi seperti ini paling banyak variasi fotografi antara lain: zoom jarak jauh, teknik pendekatan bacground, foto melayang, dll.Hal yang perlu diperhatikan dalam kondisi ini adalah: bayangan cahaya matahari (jangan sampai yang memfoto terlihat bayangannya atau ketika objek pakai topi/jilbab jangan sampai mukanya kena bayangan), gunakan flash ketika objek membelakangi cahaya, jika melakukan zoom pastikan objek tidak terhalangi bayangan cahaya matahari.

2.Cahaya Terang (pagi,sore/siang berawan)
Ini adalah kondisi yang normal untuk fotografi, berbagai macam shot dapat dilakukan dari close up sampai wide lanscape dapat diperoleh gambar yang bagus. Kondisi ini paling mudah dan hasil bagus untuk variasi fotografi menggunakan kamera pocket

3.Cahaya normal (indor / di dalam ruangan, cahaya lampu)
Suasana ini hanya cocok untuk foto close up saja, yaitu jarak camera dengan objek yang dekat (antara 1 sampai 5 meter). Kurang efisien untuk zoom jarak jauh mengingat cahaya kurang.Hal yang perlu diperhatikan adalah: gunakan single flash dan red eye redution flash ketika ingin memfoto objek saja tanpa memperhatikan background, gunakan double flash ketika ingin memfoto objek dan backgroud (dalam penggunaan double flash kondisi tangan ketika shot tidak boleh goyang), Gunakan fitur tanpa flash ketika objek yang difoto adalah benda-benda saja dan jaraknya agak jauh. Atau bisa juga menggunakan mode "museum"

4.Cahaya redup (suasana malam lampu kota, senja, sunrise, sunset) dan suasana minim cahaya (malam hari, pemandangan malam)
Ini baru memerlukan teknik. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk memfoto dengan kondisi cahaya matahari yang redup.
 -Dilarang menggunakan single flash, sudah pasti bacground akan terlihat gelap
 -Turunkan nilai brightness (tujuannya agar meningkatkan kecepatan cahaya shoot). Mengenai hasil agak gelap nanti bisa dicerahkan kembali di photoshop :-D
-Gunakan tripot / kamera ditaruh lalu menggunakan timer untuk mengambil objek jarak jauh (hal ini bertujuan menghindari shot yang bergoyang)
-Perhatikan polusi cahaya (karena semburat cahaya akan tertangkan oleh mata kamera)
-Gunakan mode double flash ketika ingin mengambil objek jarak dekat dan jauh dalam waktu bersamaan

Sampai disini dulu informasi tentang Cara Menghasilkan Foto Keren Hasil Jepretan Kamera Pocket mudah-mudahan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar